SAAT KITA BERSIAP LEBARAN ....

karena gak puasa, jadinya gue gak bangun sahur. asikk, bisa tidur lebih lama.
bangun tidur gue celingak-celinguk nyari makanan. semprul, keabisan !!!
karena bosen gue tidur lagi.
bangun tidur, dunia udah gelap. celingak-celinguk lagi. keabisan makanan lagi. semprulll sekali lagii..

gorden udah turun,
titah untuk membersihkan rumah udah turun..
paket sembako dah dibagikan..
yephh, lebaran sebentar lagi.

seperti adat istiadat yang telah dicantumkan jauhh sebelum kita lahir, kita harus berbelanja.
lazimnya orang-orang belanja bahan-bahan kue dan sembako.
belanja baju baru.
beli sofa baru.
beli gorden baru.

tapi karena dirumah ini kami biasanya merampok makanan saat lebaran, jadinya kami tidak memasak dan bikin kue seperti lazimnya. kami juga gak beli sofa baru, soalnya kalo beli sofa baru, gak tau dimana lagi naro nya, entar disangka toko sofa lagi ni rumah. gak lucu kan kalo pas arisan, eh tamunya pada nawar sofa.
kami juga gak beli gorden baru, soalnya udah terlanjur nyuci gorden yang lama !!!
(ahhh alesan gak mutu, biarin deh yang penting ada alesan !!)
tapi kami tetap belanja beberapa keperluan rumah tangga dan baju baru..

untuk baju baru sebenernya kami udah belanja dari jauh hari.
karena gue sebelum puasa ada di jakarta dan nyokap amat sangat rajin ke Tn. Abang, secara doi pedagang. jadinya gue berpikir....
ya, gue masih bisa berpikir walupun dikit...yang penting gue masih BISA...
emosi..
tarik napas..
keluarkan..
brooott..
ups.

lanjut

gue berpikir untuk sekalian beli baju lebaran sebelum balik ke makassar.
sesampenya disini, gue baru tau ternyata tante gue juga berpikir hal yang sama. untuk beli baju baru sebelum waktunya. mungkin trauma belanja lebaran taon kemaren masih membekas.
saat-saat kami harus terjempet-jempet...
saat-saat kami bingung, kami sebenernya lagi ada di mall ato di kandang kambing, besok sebenernya idul fitri ato idul adha..
bau kambingg yang semerbak ituu...ahhh..memorii...

dan untuk keperluan rumah tangga berupa peralatan mandi dsb.
(gue juga masih mandiii.. yahh walaupun jarang sihh. tapi gue juga masih mandi..)
gue baru berbelanja bersama keluarga tadi malem.
kami memilih salah satu tempat belanja yang cukup terkemuka, kami berbelanja peralatan mandi, keperluan dapur, dsb.dsb.
semuanya berjalan dengan baik, sampee...waktunya membayar...
kami gak punya firasat apa-apa tentang kasir ini saat kami menunggu satu persatu orang dihisab belanjaannya dan bertanggung jawab membayar. layaknya cerita tentang alam sana satu-persatu orang akan dihisab amalan baik dan buruknya dan harus mempertanggungjawabkannya di surga atau neraka. W.O.W means wow!!!
sampe tibalah giliran kami untuk dihitung belanjaannya,

tante gue selalu membayar pake kartu kredit, jadi doi langsung ngeluarin kartu kreditnya. beberapa menit kemudian kasir yang ber-name tag visitor ini terlihat bingung. lalu beberapa menit kemudian dia memberitahukan bahwa kartu kredit tante gue gak bisa di gunakan.
karena tante gue yakin bahwa credit card nya gak over limit, doi pun berkata dengan tegas gak ada yang salah dengan cc nya.karena tante gue orangnya curigaan makanya gue masuk fakultas hukum..ehh..emang nyambung gituu??
anyway tante gue curiga kalo mbak-nya lah yang gak bisa, tante gue langsung nyuruh mbak-nya buat nanya ke temennya yang lebih expert.
si mbak kasir dengan label visitor ini pun bertanya kepada temannya, kemudian doi tetap saja gak bisa.
om gue pun ambil alih, dia langsung nyuruh temennya si mbak yang merupakan kasir juga buat bantuin si mbak kasir itu.
akhirnya masalah cc pun selesai.
lanjut ke masalah pen-scan-an nya yang sumpahh lamaaaa banget. gue rasa kalo dia balepan sama kura-kura lari dan dia men-scan. kura-kura bakalan menang tanpa harus membuat dia tertidur, seperti saat kura-kura lomba lari sama kelinci.
lalu masalah plastik. gerah ngeliat si mbak lambreta banggetsss...om gue pun mengusulkan supaya om gue dan gue aja yang masukin belanjaan ke kantong plastik. masalah lain..kantong plastik abis.. dia cabut minta kantong plastik. balik-balik dia cuma ngambil kantong plastik kira-kira tujuh kantong..gilakkk...dia keabisan kantong plastik dan belanjaan gue masih banyak, dan yang ngantri masih panjang..dia cuma ngambil tujuh??? haahhh !!!

tahan emosi..
tarik napas...
buangg...

tahan kentut !!

dan yang paling kaco dari ini orang adalah, mungkin doi tadinya adalah pegawai dari sebuah warung kali yahh...
jadi waktu dia mau nge-scan sangobion gue, yang gue beli satu strip. dia nanya ke temennya itu harus di scan satu kali aja, ato sepuluh kali??
hah??
heii..it's supermarket..bukan waruungg..
gak ada juga gitu supermarket yang kalo kita beli dia nanya, mau beli satu strip ato satu-satu..
trus kalo kita beli satu, dia guntingin trus bilang, seribu lima ratus mbak...
hu...
ha...

tapi untungnya kami adalah pelanggan yang cooperative, jadinya kami selalu siap membantunya setiap saat, termasuk menjelaskan tentang produknya sendiri...ahh...
akhirnya kami meninggalkannya dengan tampang yang udah mau nangis..sedih juga sihh ngeliatnya, gimana dia harus gelagapan dan bingung sampe jam dua belas malam. mudah-mudahan shift jadi kasirnya segera berakhir dan dia mendapat tempat yang lebih dia kuasai malam itu...

lanjut dari waralaba tersebut kami pun menuju satu department store, soalnya tante gue belom beli celana warna putih.
baru ngeliat parkirannya, kita udah bisa nebak apa yang terjadi di dalam..
tapi kita gak bener-bener bisa nebak apa yang terjadi di sebuah department store, di detik-detik terakhir puasa, dengan mid-night sale bonus sampe 75 % !!!

begitu masuk gue langsung mengingat memori saat gue berada di pasar malem.
manusia sepertinya terkumpul disini. sepertinya ada monster berbahaya yang mengancam di luar sana dan disinilah tempat yang paling aman bagi umat manusia...

lima menit keberadaan kami disana ----> pala mulai keringetan
sepuluh menit-----> fase basket
lima belas menit---> nyerah !!!

kami akhirnya meninggalkan orang-orang di belakang kami yang berjuang berebut baju dan berjuang mengantre di kasir...

ahhh...hari yang fitri akan segera datang...
saat kita belanja datang
saat kita membersihkan rumah datang
saat untuk semua yang baru datang....

tapi saat kita sibuk menurunkan gorden, mencucinya, melap meja, berjuang di kasir...
kita lupa tentang

orang-orang yang masih harus berpuasa di sebelas bulan selanjutnya...
orang-orang yang jangankan untuk berjuang membayar belanjaannya dari kasir yang ekstra lambann, bahkan untuk berharap punya sejadah baru untuk solat ied pun TERLARANG !!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © CERITA SABRINA. Design By Best Website Design
Buy Traffic and Templates On Sales